7 Destinasi Liburan Di Bandung Yang Bagus Dan Keren

Destinasi Liburan Di Bandung Awal tahun ini, Anda bisa pelesiran ke Bandung untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga tercinta. Ada banyak alasan yang membuat kota ini layak dipilih, pertama karena lokasinya tak begitu jauh dari ibu kota. Kedua, karena banyak sudut yang bisa dijadikan tempat wisata. Ketiga, kota ini memiliki banyak kuliner yang menggugah selera.

Tak perlu berpikir dua kali, Anda bisa menyusun itinerary mulai dari sekarang. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang cocok buat liburan keluarga.

Tempat Wisata Pilihan Di Bandung Untuk Mengawali 2020

1. Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan Badan Tenaga Nuklir Nasional (PSTNT Batan)

Destinasi wisata yang satu ini beda dari yang lainnya. Menawarkan pengalaman rekreasi yang unik, tempat ini tak hanya menyajikan atraksi wisata yang menghibur, tetapi juga berbagai informasi seputar nuklir yang menarik untuk diketahui.

Di sini, Anda bisa melakukan banyak hal yang menggugah rasa keingintahuan, mulai dari menonton pameran produk Litbang hingga melihat kondisi laboratorium nuklir. Sayangnya, hanya pelancong berusia di atas 18 tahun saja yang boleh memasuki kawasan ini. Jadi, ajak si kecil jika sudah besar, ya !

2. Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan salah satu obyek wisata alam yang cukup populer di Kota Bandung. Tempat  ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan, salah satunya perkebunan teh Rancabali yang menyuguhkan view langsung ke arah danau.

Keindahan tersebut juga dibarengi suasana yang hening dan pemandangan hijau yang memancarkan ketenangan, sehingga sangat cocok untuk rekreasi atau sekedar melepas penat. Letaknya yang berada di ketinggian sekitar 1.628 meter di atas permukaan laut juga menawarkan suhu sejuk yang menyegarkan. Jadi tunggu apalagi ? Ayo kesini !

3. Dago Dream Park 

sumber : dagodreampark.co.id

Di kawasan Dago Giri terdapat objek wisata yang digandrungi oleh banyak pelancong. Namanya Dago Dream Park. Lokawisata yang memiliki luas sekitar 11,5 hektare ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana rekreasi yang menarik, seperti wahana main bola, track sepeda, hammock, panahan, spot memancing ikan, antigravity, ATV, flying fox dan lain  sebagainya.

Pertama kali memasuki kawasan ini, Anda akan disambut keteduhan hutan pinus yang menyejukkan. Sementara, di dalamnya ada taman labirin yang berlika – liku. Jika gemar bertualang, Anda bisa menjajaki jalan setapak yang berputar – putar di taman tersebut. Tetapi kalau lelah ya naik bus saja !

4. Barusen Hills Ciwidey 

Barusen Hills Ciwidey menawarkan taman cinta yang keindahannya mampu membius para wisatawan. Taman ini memiliki banyak sudut yang menarik dijadikan spot selfie. Adapun anak – anak bisa menghabiskan waktu di wahana waterbom.

Selain itu, Anda bisa mampir ke danau Barusen untuk menikmati view yang memanjakan mata. Lokasinya bisa dicapai cukup dengan berjalan kaki saja. Di sana tersedia berbagai fasilitas yang bisa menunjang berbagai kegiatan Anda, seperti Musala, kantin, kamar mandi, dan area parkir.

5. Taman Hutan Raya IR Juanda 

Biasa disingkat Tahura, obyek wisata ini berlokasi tak jauh dari Pusat Kota Bandung. Di dalamnya , suasana terasa begitu teduh dan rindang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan disana, mulai dari  bersantai, jalan – jalan, piknik, hingga berburu foto.

Kalau memilih berkeliling, Anda bisa melihat burung dan monyet yang berkeliaran kesana kemari. Ada pula rusa tutul yang ramah dan bisa diberi makan secara langsung. Untuk yang mencari spot selfie, Anda bisa mampir ke tebing keraton yang menawarkan keindahan panorama alam Bandung dari atas ketinggian.

Kalau ingin melihat pemandangan indah lainnya, Anda bisa melanjutkan penjelajahan untuk menemukan 3 air terjun yang tersembunyi di dalam Tahura, yakni Air Terjun Dago, Air Terjun Omas, dan Air Terjun Lalay.

6. Ranca Upas

Obyek wisata ini cocok buat Anda yang ingin menginap di alam terbuka. Kawasan ini menyediakan tempat camping yang dikelilingi oleh hutan lindung. Di sudut lain, ada penangkaran rusa yang menyedot perhatian anak – anak. Fasilitas yang bisa Anda nikmati juga banyak, mulai dari pemandian air panas hingga wahana outbound.

Harga tiket masuk obyek wisata ini dibanderol terpisah dengan biaya penginapannya. Sehingga, Anda perlu menyiapkan dana khusus untuk memanfaatkan fasilitas camping yang ada. Detail tarifnya bisa dicek di akun Instagram ofisial Ranca Upas, yaitu @ranca_upas.

7. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota letaknya tak begitu jauh dari Pusat Kota sehingga cocok buat Anda yang suka keramaian. Taman yang cukup ngehits ini merupakan salah satu titik populer di Kota Bandung. Lokasinya cukup strategis dan dikelilingi beberapa pusat perbelanjaan serta gedung pemerintah. Jika mampir kesini, Anda bisa refreshing sekaligus berbelanja di  Mall Bandung Indah Plaza yang letaknya hanya sepelemparan batu dari Taman Balai Kota. Bagaimana, tertarik menyambanginya ?