Hadirnya Layanan Digital Jasa Home Care Di Indonesia

Jasa Home Care Di Indonesia – Perkembangan industri kesehatan di Indonesia sangatlah potensial. Selain karena penduduknya terbesar keempat di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan jumlah fasilitas kesehatan yang berkualitas masih timpang antardaerah.

Disisi lain kebutuhan akan layanan kesehatan di masyarakat  juga terus berubah seiring dengan pesatnya sains dan teknologi ditambah dengan pertumbuhan ekonomi. Namun, potensi akan industri kesehatan di Indonesia ini masih belum dioptimalkan.

Ini dapat kita lihat dari kualitas layanan kesehatan yang belum terstandarisasi. Akibatnya, uang triliunan rupiah harus terbuang ke luar negeri hanya untuk membeli kesehatan.

Maka dari itu Selain industri makanan dan kebutuhan sehari-hari, kini  di Indonesia bidang kesehatan juga menjadi salah satu segmen Industri yang saat ini mulai banyak digarap oleh para pengembang lokal di level startup. Seperti Menantang kebiasaan lama masyarakat kita  dimana jasa kesehatan hanya bisa didapatkan di rumah sakit, beberapa start-up digital ini justru mengeluarkan inovasi baru yang dapat mempermudah masyarakat terhadap layanan kesehatan.

Baca Juga :Sistem Ideologi Kapitalisme Di Darah Ekonomi Indonesia

Ini didukung dengan makin naiknya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yang membuat makin naik pula kesadaran akan pentingnya kesehatan. Oleh karena itulah saat ini di Indonesia mulai bermunculan layanan seperti contohnya  Hadirnya Layanan Digital Jasa Home Care Di Indonesia.

Perawat di rumah adalah Perawat yang mengkhususkan diri dalam menyediakan perawatan kesehatan di rumah kepada orang sakit atau mereka yang baru sembuh dari penyakit atau cedera. Tugas seorang perawat rumah melibatkan berbagai layanan seperti terapi perawatan luka, membantu mengendalikan penyakit, atau pemantauan obat. Selain itu, perawat kesehatan di rumah berkonsultasi dengan dokter mengenai status kondisi pasien dan, berdasarkan tanggapan pasien terhadap perawatan, memberikan rekomendasi kepada dokter tentang kemungkinan perubahan pada rencana perawatan di rumah.

Pengertian Home Care  Indonesia

Jasa Home care adalah Jasa atau layanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien, individu dan keluarga, direncanakan, dikoordinasikan, dan disediakan, oleh penyedia pelayanan, yang diorganisir untuk memberi pelayanan di rumah melalui staf atau pengaturan yang berdasarkan perjanjian kerja atau kontrak (Warola, 1980 Dalam Perkembangan Modal Praktek Mandiri Keperawatan Di Rumah Yang Disusun Oleh PPNI dan DEPKES).

Sherwen (1991) mendefinisikan perawatan kesehatan home care sebagai salah satu bagian integral dari pelayanan keperawatan yang dilakukan oleh perawat dengan tujjuan membantu individu, keluarga dan masyarakat mencapai kemandirian dalam menyelesaikan masalah kesehatan nya.

Baca Juga : The Butterfly Effect Filosofi dan Teori yang beredar

Sedangkan menurut Stuart (1998) menjabarkan jasa home care adalah sebagai bagian dari proses keperawatan di rumah sakit, yang merupakan lanjutan akan perencanaan pemulangan (discharge planning), bagi pasien yang sudah waktunya untuk pulang dari rumah sakit. Perawatan di rumah ini biasanya akan dilakukan oleh perawat dari rumah sakit asal pasien itu dirawat sebelumnya, dpat dilaksanakan oleh perawat komunitas dimana pasien berada, atau juga dapat dilaksanakan oleh tim khusus yang menangani perawatan home care.

Jenis Pelayanan Home Care

1. Pasca perasi

Layanan home care ini di khususkan  kepada pasien yang baru menyelesaikan proses operasi, namun ingin dirawat dirumah. Jenis perawatan home care ini sangat dibutuhkan karena memang karena mayoritas pasien post operasi sangat membutuhkannya dan memerlukan pengawasan intensif dari seorang perawat.

2. Layanan home visit

Layanan home care ini  tenaga medis dapat melakukan kunjungan dalam waktu singkat atau cepat beberapa jam saja, jenis layanan nya seperti perawatan luka, infuse, pemasangan alat – alat keseahatan yang lain atau jbisa juga pemberian diagnose oleh dokter yang semuanya dilakukan di rumah pasien.

Layanan Home visit ini bisa menjadi pilihan untuk anda yang membutuhkan tindakan  layanan medis  untuk beberapa saat saja. Karena memang pasien akan mendapatkan tindakan medis secara langsung.

3. Layanan Caregiver

Pelayanan ini merupakan proses pendampingan dari petugas caregiver yang diberikan kepada lansia yang secara umum kondisinya masih sehat namun membutuhkan pendampingan untuk aktivitas kesehariannya.

Layanan Caregiver atau perawat lansia memiliki keterbatasan salah satunya tidak memiliki latar belakang pendidikan perawatan medis sehingga mereka tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan perawatan medis.

Berdasarkan tingkatan waktunya, layanan home care dapat dibagi menjadi beberapa kategori

1. Layanan paruh waktu atau Freelance

Layanan jasa Home care seperti ini, seorang perawat medis hanya akan stay beberapa waktu saja untuk melakukan tindakan perawatan atau pendampingan kepada pasien, layanan jenis ini dapat dilakukan per jam, per 8 jam, harian yang mana tidak sampai masa satu bulan durasinya.

2. Layanan full time live in

Untuk jasa Home care ini mengharuskan petugas caregiver ataupun paramedis untuk siap menemani pasien kapanpun dan dimanapun agar pasien tersebut tetap terpantau. Dan juga paramedis atau caregiver akan ikut menginap dirumah pasien.

 

Startup Digital Home care Indonesia

Jasa home care memanglah menguntungkan bagi anda orang-orang yang ingin mendapatkan perawatan tanpa harus membayar biaya ruangan di rumah sakit yang dirasa lebih mahal. dengan lauanan ini anda hanya membayar jasa perawat yang datang ke rumah Anda bahkan untuk perawatan selama 24 jam di rumah.

Dengan pesatnya dukungan teknologi dimasa sekarang dan juga makin maraknya para pelaku industri kreatif indonesia layanan kesehatan seperti home care di Indonesia kini sudah dapat kita dapatkan dengan mudah dengan hadirnya berbagai agency home care yang mulai membangun layanan digitalnya.

Salah  satu yang pernah saya tulis di blog saya tentang layanan Jasa Perawat home care terbaik di Indonesia, di situ saya menuliskan rekomendsi saya untuk startup digital insan medika salah satu Perusahaan Agency Home Care yang terbesar di Indonesia mereka juga sekaligus perintis Home Care berbasis digital pertama di Indonesia.

Insan Media Menghadirkan layanan Home Care Live-In 24 Jam penuh yang melayani seluruh kota besar di Indonesia. mereka memiliki Layanan Live-In mulai dari Perawat Anak, Perawat Lansia, Perawat Orang Sakit hingga Perawat Medis.

Selain itu ada juga beberapa layanan home care yang dapat anda dapatkan secara digital atau online, berikut diantaranya :

1.  Mynurz Indonesia

MyNurz Indonesia di bawah Kronusasia Pte. Ltd merupakan jasa layanan online pencarian perawat home care, perawat lansia, fisioterapi, terapi wicara, terapi okupasi dan bidan di Indonesia. Selain di Indonesia Kronusasia Pte. Ltd juga hadir di Thailand dan Singapura. MyNurz merupakan jasa perawatan home care, perawat lansia, fisioterapi, terapi wicara, terapi okupasi dan bidan yang telah menjadi referensi para dokter Singapura yang mempercayakan perawatan lanjutan bagi pasien Indonesia di rumah.

 

2. Homecare24

PT. Homecareindo Global Medika berdiri pada tahun 2017, Homecare24 menyediakan berbagai macam layanan homecare bersama perawat yang terkualifikasi dengan pendidikan minimal D3. Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan kesehatan yang terbaik

3. Medi-Call

PT. Medika Nusantara Gumilang (Medi-Call) adalah perusahaan yang mengembangkan aplikasi Location Based Service (LBS) untuk menghubungkan pasien dengan penyedia layanan kesehatan terdekat dan tercepat.

Saat ini aplikasi tersedia untuk platform Android dan iOS. Medi-Call dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan penyedia layanan kesehatan khususnya panggilan ke lokasi pasien (on call).

 

4. Insan Medika

Insan Medika adalah satu Perusahaan Agency Home Care terbesar di Indonesia sekaligus perintis Home Care berbasis digital pertama di Indonesia. Menghadirkan layanan Home Care Live-In 24 Jam yang melayani seluruh kota besar di Indonesia. Memiliki Layanan Live-In mulai dari Perawat Anak, Perawat Lansia, Perawat Orang Sakit hingga Perawat Medis.

Lalu dari perusahaan agensi home care itu mana yang terbaik ? tentunya setiap layanan mereka memiliki kelebihannya masing-masing. namun yang pasti daftar perusahaan home care tersebut sudah pasti profesional dengan layanan home care terbaik mereka.

Jika anda membutuhkan pertimbangan jasa home care terbaik di Indonesia anda dapat baca lengkap ulasan saya tentang Insan medika di artikel berikut : Butuh Jasa Perawat Home Care Terbaik Di Indonesia ?

Saya tuliskan lengkap tentang jasa home care dan layanan dari perusahaan tersebut yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda. mungkin akan saya update juga tentang perusahaan lain juga di ulasan mendatang.

Write a comment