Oleh oleh Garut dan Pesona Wisatanya Yang Mempesona

Oleh oleh Garut dan Pesona Wisatanya Yang Mempesona

Oleh Oleh Khas Garut & Wisata Alamnya – Kota Garut merupakan salah satu kota priangan timur yang berada di daerah Jawa Barat dan kota ini juga merupakan  kabupaten yang letaknya berada 64 km tenggara kota Bandung ibu kota Jawa Barat dan 250 km dari Ibukota Jakarta.

Kabupaten Garut  secara geografis berdekatan dengan kota Bandung  ibukota provinsi Jawa Barat, dan menjadi daerah penyangga dan hitterland bagi tumbuh kembang wilayah Bandung Raya.  Pernah dikenal dengan Swiss van Java diera 20an, karena dengan pesona keindahan alamnya yang mempesona dengan kontur yang eksotis dan suhu yang sejuk serta bersih.

Pada era belanda kota garut pernah dijadikan kota wisata oleh seorang Belanda bernama Holke van Garut dia seorang gubernur pemerintah Belanda pada tahun 1930-1940 dan melihat kabupaten ini berpotensi sehingga lalu kemudian mendirikan sebuah hotel di sana antara lain bernama Hotel Belvedere dan Hotel Van Hengel.

Bahkan pada pertengahan tahun 1950-an Garut terkenal dengan sebutan Kota Intan. Jarak yang tidak begitu jauh dari Bandung itu, menjadikan kota Garut cukup ramai di kunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Hal ini dapat terlihat dengan cukup padatnya kota ini terutama pada akhir minggu atau musim libur anak sekolah.

Sejarah Kota Garut

Awal sejarah Garut berawal  pada saat pembubaran Kabupaten Limbangan di tahun 1811 oleh Daendels karena sebuah alasan yaitu produksi kopi dari daerah ini menurun hingga titik paling rendah nol dan bupatinya menolak perintah menanam nila.

Karena hal tersebut, Bupati Limbangan Adipati Adiwijaya (1813-1831) akhirnya membentuk panitia untuk mencari tempat yang cocok bagi Ibu Kota Kabupaten. Pada awalnya, mereka menemukan Cimurah, sekitar 3 Km sebelah Timur Suci (Saat ini Kampung Pidayeuheun). Namun di tempat tersebut air bersihsukar ditemukan sehingga tidak cocok menjadi Ibu Kota. Selanjutnya mereka mencari lokasi ke arah Barat Suci, sekitar 5 Km dan mendapatkan tempat yang cocok

Saat itu ditemukan mata air berupa telaga kecil yang tertutup semak belukar yang berduri , seorang dari mereka tergores tangannya sampai berdarah atau istilah mereka menyebut “kakarut”  .  Di Dalam rombongan panitia, juga terdapat  seorang belanda yang ikut membenahi   tempat tersebut. Begitu melihat kejadian tangan salah seorang  berdarah, langsung bertanya : “Mengapa berdarah?” Orang tersebut menjawab, tangannya kakarut. Karena orang Belanda tersebut tidak dapat menirukan kata kakarut dengan fasih sehingga sebutannya menjadi “gagarut”.

Semenjak itu, para pekerja dalam rombongan  menamai tanaman berduri dengan sebutan “Ki Garut” dan telaga air diberi nama “Ci Garut”.  Dengan ditemukannya telaga Ci Garut, daerah sekitar nya dikenal dengan nama Garut. Cetusan nama Garut tersebutpun direstui oleh Bupati Kabupaten Limbangan Adipati Adiwijaya untuk dijadikan sebagai Ibu Kota Kabupaten Limbangan.

Keistimewaan Kota Garut

Berbagai keistimewaan kota garut sudah cukup terkenal dan khas mulai dari Tempat Wisata hingga kuliner di Kota Garut juga terdapat banyak toko oleh – oleh, tempat unik, makanan, kerajinan sampai hasil buminya. Daerah ini sudah sangat terkenal begitu luas bahkan hingga manca negara dengan alamnya yg mempesona.

 

Destinasi Wisata Kota Garut

Kabupaten Garut yang terkenal dengan sebutan ‘Garut Swiss van Java’ karena dinilai mirip dengan negara Swiss di Eropa. Kamu juga pasti sudah mengenal betul Garut juga terkenal akan makanan khasnya, yaitu dodol garut. Namun selain oleh oleh khas garut seperti dodol masih banyak hal menarik dari kota yang satu ini.

Kalau Berbicara soal wisata Garut merupakan pilihan tepat buat kamu yang suka dengan wisata alam, di kota garut ini tersimpan banyak hal menarik di balik keindahan wisata alamnya. berikut beberapa destinasi wisata alam di kota  garut.

 

1. Gunung Papandayan

Gunung dengan ketinggian 2665 MDPL, menjadi destinasi wisata  yang memberikan berbagai tempat menarik yang bisa Anda jelajahi, seperti Kawah Papandayan, Hutan Mati Papandayan, Tegal Panjang, Tegal Alun, hingga Camping Ground Pondok Saladah. untuk mendaki, jalur pendakian gunung papandayan ini juga cukup landai dan sangat cocok bagi pendaki pemula.

 

2. Gunung Cikuray

Menjadi gunung tertinggi di kabupaten garut dengan ketinggian  2.818MDPL, destinasi wisata alam di Garut yang satu ini akan menyuguhkan keindahan yang sudah sangat eksotis. Dari  puncak Gunung Cikuray ini, kamu bisa melihat pemandangan Kota Garut, Gunung Papandayan, Kawah Kamojang, Gunung Slamet, Gunung Ciremai.

3. Gunung Guntur

Tak kalah dengan Puncak Papandayan atau Cikuray gunung guntur juga memiliki pesonanya sendiri dengan ketinggian 2.249  MDPL, kamu akan melihat pemandangan dari atas puncak  bisa melihat Gunung Cikuray, objek wisata Situ Bagendit, hingga Pemandian Air Panas Cipanas Garut.

4. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Berada di Sungai Cimanuk merupakan  tempat wisata di Garut yang cocok dikunjungi bagi anda yang ingein mencoba sensasi arung jeram atau rafting. Dengan aliran sungai dan jeram-jeramnya yang cukup deras, adrenalin akan terus dipacu saat melintasi sungai ini. Sepanjang anda menyusuri sungai anda juga akan melihat panorama alam yang sangat indah nan asri.

5. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje berada di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kab Garut. curug ini memiliki tinggi aliran air sekitar 90 meter, tempat wisata di Garut ini meyuguhkan pemandangan air terjun yang sangat indah dengan terdapat dua jalur air terjun yang cukup deras.

6. Curug Orok

Dinamakan Curug Orokkarena menurut cerita yang beredar , konon pernah ada seorang ibu yang membuang orok atau bayi dari atas curug tersebut. Namun, terlepas dari mitos, tempat wisata di Garut ini   menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indah . Di sekitar air terjun ini juga terdapat curug kecil yang mengalir dari sela-sela tebing  tertutup oleh perdu.

7. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas adalah sebuah danau kawah yang berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, kab Garut. Pemandangan alam di tempat wisata di Garut ini tekesan mirip dengan Kawah Putih yang ada di Ciwidey, Bandung, namun terlihat lebih masih asli dan belum terlalu padat oleh wisatawan.

8. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang merupakan salah satu kawah dari gunung berapi yang hingga kini masih aktif di Garut. Destinasi wisata ini  berlokasi di Kecamatan Samarang, Garut, dan berada di ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut.

9. Pantai Karang Paranje

Bosan denga susana pegunungan mungkin pantai karang paraje bisa jadi destinasi wisata yang layak kamu kunjungi. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang asri, bersih, serta suasana yang damai dan tenang karena masih jarang wisatawan mengetahui tempat wisata alam garut satu ini. Di sepanjang pantai karang paraje, terdapat gugusan-gugusan karang yang smembuat pantai ini semakin eksotis.

Kamu juga bisa menikmati indahnya senja di pantai ini kija berkunjung tepat waktu dan jika cuaca sedang mendukung tentunya.

10. Pantai Sayang Heulang

Garut juga memiliki destinasi wisata alam berupa pantai lain yang bisa jadi pertimbangan liburan kamu di garut yaitu pantai Sayang Heulang, Anda akan melihat panorama pantai yang tak kalah cantik dari Pantai Karang Paranje. Dengan hamparan pasir pantai  yang alami dan bersih serta batu-batu karang yang tersebar di sepanjang pantai pasti akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati keindahannya.

Di pantai ini juga anda bisa berselancar karena ombaknya yang cukup tinggi pastinya sangat cocok bagi anda jika hobby berselancar.

11. Pantai Rancabuaya

Pantai ini berlokasi di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kab Garut, namun jika anda membawa anak anak harap berhati hati karena pantai ini memiliki batu karang yang besar dengan ombaknya tak kalah besar, jadi pastikan anda mengawasi anak – anak anda.

Selain memiliki banyak batu karang besar di sepanjang bibir pantai, di sini anda juga dapat menemui tebing batu tinggi dan sebuah curug yang aliran airnya mengalir langsung menuju laut.

12. Pantai Cijeruk Indah

Ingin tempat wisata yang benar – benar masih asri coba pantai yang satu ini, Pantai cikeruk masih terbilang baru dan masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi,dengan Air lautnya sangat jernih dan berwarna biru. Sementara,dengan  pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan dan  suasana di Pantai Cijeruk Indah ini masih cukup tenang dan damai, sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan.

13. Pantai Santolo

Jika anda ingin mengunungi destinasi wisata yang lebih mudah akses nya pantai santolo cocok untuk anda berada di Kecamatan Cikelet, kab garut 88 kilometer dari pusat Kota Garut. Akses jalan untuk menuju ke tempat wisata di Garut ini sudah cukup bagus. Pantai ini juga merupakan tempat wisata yangcukup terkenal dan ramai dikinjungi para wisatawan

Di sini anda dapat menemui adanya pulau kecil yang tak jauh dari pantai, Untuk menuju ke sana,  perlu menyeberangi muara sungai dengan menggunakan jasa perahu anda hanya akan dikenakan biaya Rp2.000 sekali jalan. Di pulau tersebut, terdapat pantai pantai yang tak kalah indah dan cantik dengan Pantai Santolo serta bangunan pintu air yang dibangun pada masa kolonialisme Belanda.

14. Situ Cangkuang & Candi Cangkuang

 

Situ Cangkuang merupakan sebuah tempat wisata alam di Garut yang terdapat danau kecil dengan pemandangan yang indah. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Nama Cangkuang sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang biasa tumbuh di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad.

Di tempat wisata ini pula kamu dapat mengunjungi ke sebuah candi Hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Untuk kesana, kamu bisa menyeberangi danau menggunakan rakit dengan biaya hanya Rp2.000 per orang.

 

15. Pemandian Air Panas Cipanas

Berada 6 kilometer dari pusat Kota Garut dan 50 kilometer dari Kota Bandung, pemandian air panas ini merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal dan menjadi favorit wisatawan. Dipemandian air panas cipanas garut ini, kamu bisa menikmati air panas yang langsung bersumber  dari Gunung Guntur.

Tempat wisata pemandian air panas cipanas sudah dikelola dengan baik dan fasilitasnya pun sangat lengkap, tempat ini cocok untuk mengakhiri hari setelah berwisata dari berbagai tempat sebelumnya, karena di sekitar nya pula terdapat banyak penginapan dan hotel.

 

Oleh Oleh Khas Kota Garut

Sudah puas berwisata di kota garut tidak lengkap rasanya untuk tidak membawa oleh oleh khas garut tentunya, kota garut memiliki berbagai pusat oleh oleh yang khas dan lengkap mulai dari sentra kerajinan tangan khas garut hingga jajanan yang cocok untuk di bawa pulang sebagai oleh oleh dari garut.

Berikut beberapa oleh oleh khas garut yang bisa kamu temui di kota ini mulai dari kerajinan hingga jajanan yang nikmat :

Kerajinan Tangan Khas Garut

1.  Jaket Kulit

Tidak hanya terkenal akan oleh oleh khas garut seperti dodol, Garut juga memiliki  sentra kerajinan jaket kulit Jaket kulitkhas garut  ini istimewa, karena menggunakan kulit domba asli. Kota Garut juga merupakan salah satu produsen jaket kulit terbaik di Indonesia. Produk  kreasi jaket kulit di Garut dihasilkan langsung dari pusat peternakan domba yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut.

 

2. Batik Garut

Seiring dengan perkembanganjaman Sekarang pengrajin batik mulai banyak melakukan  inovasi baik dari segi motif dan warna sehingga matching dengan selera para milenial, Garut juga memiliki Kerajinan Batik yang Khas loh

Batik khas Garut sudah ada sejak sebelum masa kemerdekaan , lalu terus berkembang secara turun-temurun. dengan nama  Batik Tulis Garutan. Dengan ciri khas dominasi warna warna yang cerah, terang, dan beragam. Warna ini berfilosofi kebahagiaan. Beberapa motif  batik Garutan seperti Rereng Pacul, Rereng Peuteuy, Rereng Kembang Corong, Rereng Merak Ngibing, Cupat Manggu, Bilik, dan Sapu Jagat, yang masing-masing memiliki kekhasanya sendiri.

 

3. Kerajinan Akar Wangi

Kerajinan tangan akar wangi khas garut tak kalah dibanding di daerah lain karena memiliki cirikhas tersendiri. Selain dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak atsiri, berbagai kreasi kerajinan tangan dari akar wangi juga menjadi favorit para pemburu oleh oleh khas garut . Kerajinan akar wangi dari Garut memiliki keunggulan dengan  daerah lain yang biasanya digunakan hanya untuk variasi saja di sini sepenuhnya menggunakan akar wangi sebagai bahan kerajinan.

Oleh – Oleh JaJanan Khas Garut

 

1 Dodol Garut

Dodol Garut rasanya sudah tak asing lagi ditelinga kita, oleh pleh khas garut ini sudah sangat terkenal sudah lama dan  menjadi oleh oleh kota garut yang paling  digemari, yang sering diburu para wisatawan yang berkunjung ke kota Garut. mesikipun kini jajanan ini sudah bisa di temui di berbagai daerah karena pesatnya distribusi dodol garut, tak ad salahnya kamu membeli langsung dari daerah asalnya dan pastinya akan lebih murah.

2 Chocodot

Oleh oleh khas garut tidak sekadar dodol biasa, kamu bisa menemui oleh oleh lain dari variasi dodol  dengan coklat. jajanan satu ini bernama coklat dodol atau biasa disebut chocodot.

Sebenarnya chocodot ini muncul idenya secara tidak sengaja, berawal ketika, Kiki Gumelar (pembuat roti dan coklat) yang secara tidak sengaja menjatuhkan sebuah dodol ke dalam adonan coklat. Saat itu juga muncul ide untuk membuat dodol sebagai isi coklat, setelah berhasil memadukan dodol dan coklat dengan rasa yang enak ditambah Perpaduan tekstur dodol yang kenyal dengan rasa manis coklat.

Chocodot di ambil dari singkatan “chocolate with dodol Garut”kini berubah menjadi “Indonesian Chocolate”. perubahan nama ini dikarena ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia juga memiliki coklat yang tak kalah  dibanding coklat dari mancanegara.

3 Kue Khas Garut, Burayot

Kata Burayot berasal dari bahasa sunda yang berati kue menggelantung, dan oleh oleh khas garut ini kita bisa temukan di daerah wilayah Kec. Leles, Kadungora, Wanaraja. Jajanan  ini terbuat dari bahan Gula merah, Tepung Beras, Kacang Tanah,  serta Minyak Kelapa yang melalui yang di proses relatif singkat.

4 Nasi Liwet Instan

Udah pernah coba nasi liwet yang satu ini,  sebuah produk inovasi dari kota garut yang tak kalah dengan mie instan, beras instan bisa kamu dapatkan sebagai oleh-oleh khas garut yang wajib kamu bawa saat wisata ke kota garut.

Didirikan pertama oleh H. Dedi mulyadi pada tahun 1975 di Garut, dengan Nama 1001 yang memiliki filosofi “sesuatu yang baik dan mendekati kesempurnaan, langka diantara seribu   cuma ada satu yang istimewa”. Selama puluhan tahun dikelola H. Dedi hanya memproduksi beras curah dengan nama beras Garut 1001 yang menjadi beras dengan kualitas unggulan.

lalu pada awal tahun 2011, mulai berinovasi melalui berbagai macam eksperimen dan penelitian Kang Andris Wijaya putra bungsu dari H. Dedi Mulyadi , berhasil menemukan inovasi debgab membuat beras yang tadinya hanya dijual curah menjadi oleh-oleh khas Garut yang unik dan pastinya ada  nilai tambah yang besar secara ekonomi, maka dibuatlah beras aromatic 1001 dan liwet instant 1001 dengan berbagai varian rasa.

5. Emplod

Emplod merupakan oleh oleh khas Garut dengan nama lain Endog Lewo yang berarti telur yang berasal dari daerah kampung Lewo. Terbuat dari bahan  singkong yang diolah dengan cara digiling dan diperas  lalu didiamkan selama 24 jam nonstop. Setelah itu, singkong hasil olahan tersebut dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu bumbu khusus lainnya untuk kemudian dibentuk bulatan bulatan kecil sebesar kelereng dan digoreng sebelum dihidangkan.

6. Opak

Opak merupakan oleh oleh khas garut berupa makanan kering renyah mirip dengan kerupuk khas Sunda, Jawa Barat. Namum opak ini berbeda  dari kerupuk, trutama dari bahan bakunya jika kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan untuk opak dibuat dari bahan tepung beras/ketan yang diberi campuran bumbu garam, gula,kelapa parut dan bumbu penyedap.

7. Ladu

Ladu  merupakan oleh oleh berupa makanan yang terbuat dari ketan buah tangan ini yang berasal dari daerah Malangbong, Garut, Jawa Barat. Berbahan dasar dari tepung ketan putih di sangrai, gula putih, gula aren merah, dan kelapa parut. Jajanan sati ini rata-rata bisa bertahan cukup lama sekitar 7 hari tanpa bahan pengawet.

 

Pusat oleh oleh khas garut

Sudah berkunjung ke berbagai tempat wisata di garut dan sudah punya list oleh oleh khas kota garut yang mau dibawa pulang, tapi bingung memilih pusat oleh oleh khas garut yang mudah dijangkau, nyaman dan lengkap ?
Berikut beberapa rekomendasi toko oleh -oleh garut yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja.

Sumber Rezeki Garut (SBR III) adalah salah satu toko oleh-oleh terbesar dan juga terlengkap yang ada di kota Garut. Mulai dari makanan khas, kerajinan dan pernak pernik khas kota Garut bisa kamu dapatkan di toko oleh oleh ini.

Jika kamu membawa rombongan yang cukup banyak tidak perlu khawatir  toko oleh oleh Sumber rejeki 3 menyediakan area Parkir yang sangat luas dengan daya tampung hingga kurang lebih 40 bus atau 200 mobil pribadi,

Gallery Toko Oleh – oleh Sumber Rezeki Garut (SBR III)

sentra oleh oleh garut pusat toko Sumber Rezeki Garut (SBR III)

sentra oleh oleh garut pusat toko Sumber Rezeki Garut (SBR III)

pusat toko Sumber Rezeki Garut (SBR III)

Tampak depan toko Sumber Rezeki Garut (SBR III)

pusat oleh oleh garut

pusat oleh oleh garut

parkir toko Sumber Rezeki Garut (SBR III)

parkir toko Sumber Rezeki Garut (SBR III)

Pernak pernik khas garut

Pernak pernik khas garut

aneka panganan garut

aneka panganan garut

fasilitas toko pusat oleh oleh khas garut

fasilitas toko pusat oleh oleh khas garut

toko oleh oleh Sumber Rezeki Garut (SBR III)

toko oleh oleh Sumber Rezeki Garut (SBR III)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alamat Toko Oleh Oleh Terbesar Di Kota garut

Bagi kamu yang sedang berada di garut dan memang sedang mencari oleh oleh garut untuk dibawa pulang toko oleh oleh Garut  Sumber Rezeki Garut (SBR III) bisa menjadi pilihan yang tepat selain tempatnya yang sudah kita sebutkan sebelumnya dengan kenyamanan dan kemudahan yg diberikan.

Pusat oleh oleh khas Garut  SBR 3 beralamat di Tanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151.  atau kamu juga bisa menghubungi kontak berikut untukinformasi lebih lengkap
Kontak Person
No. Hp : 082316518671
Whatsapp/SMS : 082316518671
Email    : Sumberrezekigarut@gmail.com
website : www.oleholehkhasgarut.com
Write a comment